PENGISIAN PENILAIAN KINERJA DI PMM oleh atasan
Catatan Kepala Sekolah pada tahap sesudah tindak lanjut:
Bagaimana kesadaran guru ketika berefleksi?
Sadar akan tantangan dan m penyebabnya adalah dari dalam pengendalian diri
Penjelasan kepala sekolah:
Guru hendaklah menyediakan waktu secara teratur untuk merefleksikan praktik pengajarannyaUntuk mengetahui apa yang berhasil dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan, dengan demikian guru akan selalu belajar dan berkembang.
Bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan Rating Observasi Praktik Kinerja dan hasil refleksi?
Guru mulai menganalisis hasil observasi dan refleksi dan sudah mulai melakukan tindak lanjut yang disepakati. Selanjutnya terlihat guru dapat mempraktikkan inspirasi dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan oleh rekan sejawat atau pendidik lainnya. Melihat bagaimana orang lain berhasil mengatasi tantangan dan mengembangkan kompetensi dapat memberikan wawasan berharga.
Setiap guru perlu meningkatkan kualitas praktik kinerja agar mampu memberikan pembelajaran bermakna dan pengalaman terbaik untuk para murid.
Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?
Inspirasi yang saya dapatkan diantaranya adalah guru memiliki progres yang berbeda-beda, dengan berkolaborasi sesama guru, dengan atasan dengan wali murid kita akan dapat menggali permasalahan dan cara cara terbaik dalam mengatasi masalah, juga saling memberi saran. Selain itu sebagai pribadi saya juga dapat melihat apa kekurangan saya, hingga termotivasi untuk terus belajar untuk meningkatkan kompetensi, agar dapat membuat pembelajaran yang berkualitas bagi siswa.
Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?
Inspirasi yang saya dapatkan diantaranya adalah guru memiliki progres yang berbeda-beda, dengan berkomunikasi dengan atasan, berkolaborasi sesama guru, dengan wali murid kita dapat menggali permasalahan dan cara cara terbaik dalam mengatasi masalah, juga saling memberi saran. Selain itu sebagai pribadi saya juga dapat melihat apa kekurangan saya dalam menerapkan budaya positif, hingga termotivasi untuk terus belajar , agar dapat membuat pembelajaran yang berkualitas bagi siswa.
Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?
Perubahan yang ingin saya lakukan dalam ruang kelas melakukan tindakan restitusi apabila menghadapi murid yang bermasalah tidak langsung memberi hukuman, agar pmurid mampu bertanggung jawab atas pa yang mereka lakukan, kemudian mampu mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi serta merefleksinya untuk perbaikan kedepannya.
Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?
- Kesulitan dalam mengenali karekteristik murid yang berbeda dan saya kesulitan menumbuhkan motivasi internal murid untuk mulai berubah dan berbenah. Misalnya ketika mereka diberi kesempatan untuk literasi awal pembelajaran, sebagian peserta didik tidak melakukan hal ini dengan serius.
- Kesulitan dalam menggali penyebab peserta didik melakukan suatu kesalahan karena ada peserta didik terkesan tidak mau terbuka dan diam saat ditanya.
Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?
1. Mencari akar masalah dan memahaminya
2.Merumuskan tujuan yang jelas, dapat dipahami dan diukur.
3. mengelola pembagian waktu waktu dengan tepat agar tidak kekurangan waktu dalam merefleksi setiap pembelajaran
4. Membangun komunikasi yang positif, baik dengan pemangku jabatan, teman guru, wali murid dan murid.
Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?
Berdiskusi bersama rekan guru, rekan sejawat serta atasan sangat berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Kolaborasi dengan warga sekolah pun juga harus melalui kesepakatan kelas, memberikan kesempatan untuk dapat belajar dari pengalaman dari mereka dalam menerapkan visi misi sekolah dan memperkaya praktik dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, menyenangkan serta inklusif dan berpusat pada murid
Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?
Pemahaman terhadap kebutuhan siswa, Banyak menggunakan teknologi dalam pembelajaran supaya pembelajaran lebih menarik oleh siswa dan dapat membangun kolaborasi antar siswa serta dapat memberi pengalaman praktis bagi siswa.
Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?
Tantangan dalam menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran,
Kesulitan membagi waktu dalam menyiapkan pembelajaran dengan waktu untuk belajar dan menyiapkan banyak administrasi.
Tantangan dalam mengawasi murid dalam menggunakan sarana teknolodi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?
Komentar
Posting Komentar