KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US)
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran | : SMP : IPS : KUMER : 120 menit : 50 PG : Pilihan Ganda : 2024/2025 |
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
No. |
CAPAIAN dan TUJUAN
PEMBELAJARAN |
Bahan Kls/
Semester |
Konten/Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Bentuk Soal |
No. Soal |
Kunci |
|||
1 2 |
Peserta didik mampu menganalisis hubungan antara
kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami
potensi sumber daya alamnya Peserta didik memahami
bagaimana masyarakat saling berupaya
untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia menganalisis peran pemerintah dan
masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian |
|
Kehidupan
Sosial dan Kondisi Lingkungan Sekitar |
|
Menganalisis hubungan letak
lokasi dan iklim, waktu Menganalisis interaksi sosial dan faktor yang mempengaruhi proses interaksi
sosial dilingkungan masyarakat Menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah
dengan karakteristik masyarakat Menahami nilai dan norma Menjelaskan potensi sumber daya alam ( barang
tambang dan hutan |
Pilihan Ganda |
|
|
|||
|
Nasionalisme
dan jatidiri bangsa |
|
·
Menjelaskan
Faktor pendorong kedatangan bangsa barat ke Indonesia |
|
|
|
|||||
|
|
|
·
Memahami
Pergerakan nasional (organisasi pergerakan Nasional) |
|
|
|
|||||
|
|
|
·
Memahami perkembangan IPTEK dan
kegiatan ekonomi |
|
|
|
|||||
3 |
Peserta
didik juga memahami perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer.
Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. |
|
Manusia dan perubahan: |
|
·
Memahami perubahan sosial, modernisasi
dan gloalisasi beserta dampaknya ( Positif dan negatif) terhadap kehidupan
masyarakat terutama remaja |
|
|
|
|||
|
|
|
|
·
Memahami pelestarian kearifan lokal |
|
|
|
||||
4 |
Peserta didik memahami
tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari
perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu
regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang
positif |
|
Perkembangan
ekonomi eradigital |
|
·
Menjelaskan uang dan lembaga keuangan |
|
|
|
|||
|
|
|
·
Memahami interaksi masyarakat abad 21,
dan literasi finansial |
|
|
|
|||||
|
Tantangan pembangunan
Indonesia |
|
·
Memahami pembangunan indonesia dari
masa kemasa |
|
|
|
|||||
|
|
|
·
Menjelaskan tolok ukur kemajuan
pembangunan |
|
|
|
|||||
|
Kerja sama
dunia |
|
·
Menjelaskan Keragaman lingkungan alam
dan masyarakat dunia |
|
|
|
|||||
|
|
|
·
Perkembangan kerjasama dunia |
|
|
|
|||||
Mengetahui :
Kepala UPTD SMPN 3 KEC. PAYAKUMBUH LELI AFRIDA, S.Pd
NIP:198310152011012001 NIP:
196806141994122002
Komentar
Posting Komentar