QUIZ;

Pertanyaan

Penyesuaian apa yang akan anda lakukan jika dikelas yang anda ajar terdapat PDBK tunanetra, tunarungu dan tunagrahita

Deskripsi

Penyesuaian yang harus dilakukan   guru jika di kelas yang diajar terdapat peserta didik berkebutuhan khusus  dengan hambatan penglihatan, pendengaran, dan hambatan intelektual adalah penyesuaian strategi dan model pembelajaran yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus. sebelumnya saya harus mengidentifikasi karekteristik hambatan yang di alami peserta didik.

Untuk peserta didik yang memiliki hambatan sensorik  pada penglihatan (tuna netra) berat  atau totally blind adalah menyediakan bantuan huruf braille, jika peserta didik masih dapat melihat sedikit   harus memberikan bantuan berupa kaca pembesar, bisa juga berupa huruf cetak yang bisa diraba dan diperbesar. selain itu saya masih harus memberikan bantuan latihan orientasi dan mobilitas yang tidak hanya dapat diterapkan di sekolah tapi juga di rumah, agar peserta didik mampu bergerak dan memposisikan dirinya terhadap kondisi sekita dalam melakukan aktifitas.            

Untuk peserta didik yang mengalami hambatan tuna rungu, bantuan pembelajaran yang utama adalah memberikan atau menyediakan alat bantu dengar (ABD) setelah itu saya akan memberikan layanan pendidikan khusus berupa pembelajaran dengan pemberhatikan beberapa hal berikut:

1. menjelaskan pelajaran dengan cara menghadap ke anak, bukan dengan membelakanginya

 2) Anak hendaknya didudukkan paling depan, sehingga memiliki peluang untuk mudah membaca dan mengikuti gerak bibir guru

 3) Perhatikan postur anak yang sering memiringkan kepala untuk mendengarkan.

4)  Mengajak anak untuk selalu memperhatikan wajah guru, bicaralah dengan anak dengan posisi berhadapan dan bila memungkinkan kepala guru sejajar dengan kepala anak.

5. Guru berbicara dengan volume biasa tapi dengan gerak bibir yang jelas

Untuk peserta didik yang mengalami hambatan  intelektual atau tunagrahita dimana biasanya mereka mengalami masalah berikut :

                 a)     Tingkat kemahirannya dalam memecahkan masalah

    b)    Melakukan generalisasi dan mentransfer sesuatu yang baru

    c)     Minat dan perhatian terhadap penyelesaian tugas.

Karena itu kita perlu memberikan layanan bimbingan dengan cara mendekati anak, memberikan reward dan juga membantu, mengarahkan jika perlu kita memberikan jawaban yang benar dengan tujuan agar anak termotivasi dan semangat dalam belajar dan menyelesaikan tugasnya. Demikianlah saya harus mengkombinasikan seluruh bimbingan/layanan kebutuhan belajar agar seluruh kebutuhan pembelajaran peserta didik dapat terpenuhi tanpa kecuali.  


Semoga bermanfaat 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Bebas

AKU , EBI DAN CHAT-GPT (Kisah Nyata)

Kisi Kisi Ujian sekolah