Kisi Kisi Ujian sekolah
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
Bahan Kls/ Semester |
Konten |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
VII/ I |
Interaksi Antarruang |
Penalaran |
Disajikan Ilustrasi, peserta didik
dapat menganalisis kondisi interaksi
antarruang yang sesuai dengan Ilustrasi tersebut. |
VII/ I |
Komponen Penyusun Peta |
Aplikasi |
Disajikan peta, peserta didik dapat
mengkasifikasikan komponen penyusun peta. |
VII/ I |
Faktor yang mempengaruhi terjadinya proses sosial |
Penalaran |
Disajikan Ilustrasi, peserta didik
dapat menganalisis faktor yang mempengaruhi terjadinya proses sosial yang
terjadi pada Ilustrasi tersebut. |
VII/ II |
Prinsip Ekonomi |
Penalaran |
Disajikan Ilustrasi, peserta didik
dapat menganalisis penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi. |
VII/ II |
Permintaan dan Penawaran |
Penalaran |
Disajikan Grafik/ kurva, peserta
didik dapat menganalisis arti dari kurva penawaran tersebut. |
VII/ II |
Zaman Pra aksara |
Penalaran |
Disajikan data, peserta didik dapat
menganalisis ciri-ciri zaman Paleolithikum |
VII/ II |
Kerajaan Islam |
Pengetahuan |
Disajikan peta, peserta didik dapat
menunjukkan letak kesultanan samudera pasai |
VIII/1 |
Letak ASEAN |
Pengetahuan |
Diberikan diskripsi tentang letak
Asia Tenggara,
peserta didik dapat menentukan letak
ASEAN |
VIII/1 |
Bentuk-bentuk kerjasama
negara-negara ASEAN |
Pengetahuan |
Peserta didik dapat menjelaskan bentuk kerjasama
negara-negara ASEAN di bidang politik. |
VIII/1 |
Negara –Negara anggota ASEAN |
Penalaran |
Peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab
Singapura menjadi negara maju di ASEAN!
|
VIII/ 1 |
Mobilitas Sosial |
Aplikasi |
Peserta didik dapat menentukan bentuk-bentuk mobilitas sosial |
VIII/2 |
Peran pelaku ekonomi |
Pengetahuan |
Peserta didik dapat menentukan peran pelaku ekonomi tertentu. |
VIII/2 |
Perdagangan antar pulau / daerah |
Pengetahuan |
Menjelaskan bentuk
bentuk perdaganan antar daerah/ pulau |
VIII/2 |
Contoh produk agrikultur |
Aplikasi |
Disajikan data, Peserta didik dapat menentukan contoh produk agrikultur. |
VIII/2 |
Kebijakan pemerintah kolonial belanda |
Penalaran |
Peserta didik dapat menganalisis kebijakan sistem
sewa tanah. |
VIII/ 2 |
Politik etis |
Penalaran |
Peserta didik dapat menganalilis pelaksanaan politik
etis yang paling mempengaruhi pergerakan nasional. |
VIII / 2 |
Organisasi pergerakan nasional |
Penalaran |
Peserta didik dapat menganalisis organisasi pergarakan nasional. |
IX/1 |
Batas-batasbenua |
Aplikasi |
Disajikan data, Peserta didik dapat menentukan batas benua Afrika |
IX/ 1 |
Karakteristik Benua |
Pengetahuan |
Disajikan data, Peserta didik dapat menjelaskan
karakteristik Benua Asia |
IX/1 |
Persebaran penduduk |
Aplikasi |
Disajikan peta .peserta didik dapat menentukan persebaran ras benua Asia |
IX/ 1 |
Kehidupan ekonomi |
Pengetahuan |
Peserta didik dapat menjelaskan peran sungai
Nil dalam perekonomian |
IX/ 1 |
Ciri-ciri suku bangsa Eropa |
Aplikasi |
Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri ras yang mendiami Eropa |
IX/ 1 |
faktor internal penyebab perubahan
sosial. |
Pengetahuan |
Disajikan
data peserta didik dapat mengidentifikasi faktor internal yang
menyebabkan perubahan sosial. |
IX/ 1 |
Perubahan sosial yang direncanakan
(planned social change). |
Penalaran |
Peserta didik dapat menganalisis contoh perubahan
sosial yang direncanakan (planned
social change) |
IX/ 1 |
Dampak Globalisasi |
Penalaran |
Peserta didik dapat menganalisis dampak globalisasi |
IX/ 1 |
Dampak Globalisasi |
Pengetahuan |
Disajikan
data peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif globalisasi |
IX/ 2 |
Perdagangan Internasional |
Pengetahuan |
Peserta didik mampu memahami hambatan perdagangan internasional |
IX/ 2 |
Perdagangan Internasional |
Penalaran |
Peserta didik mampu menganalisis dampak dari
perdagangan bebas |
IX/ 2 |
Ekonomi kreatif |
Pengetahuan |
Disajikan data peserta didik dapat mengidentifikasi
sektor-sektor ekonomi kreatif |
IX/ 2 |
Keunggulan
ekonomi di Indonesia |
Penalaran |
Peserta didik mampu menganalisis pengaruh keunggulan
ekonomi dalam kehidupan masyarakat |
IX/ 2 |
Pasar Bebas |
Penalaran |
Disajikan data peserta didik dapat menganalisis jenis kenis
pasar bebas dan tujuan dari pasar bebas |
IX/2 |
Awal kemerdekaan |
Penalaran |
Peserta didik dapat menganalisis peristiwa pada masa awal kemerdekaan secara
kronologi |
IX/2 |
Awal kemerdekaan |
Pengetahuan |
Disajikan gambar peserta didik dapat menjelaskan
makna penting dari gambar tersebut |
IX/2 |
Perkembangan ekonomi pada masa Demokrasi
Parlementer |
Pengetahuan |
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan sistim
ekonomi gerakan Benteng |
IX/2 |
Perkembangan politik pada masa
Demokrasi Parlementer |
Pengetahuan |
Pesrta didik dapat menjelaskan keadaan politik pada
masa Demokrasi parlementer |
IX/2 |
Ciri – ciri kehidupan politik pada
masa Demokrasi Terpimpin |
Penalaran |
Disajikan data peserta didik dapat menganalisa ciri
– ciri kehidupan politik pada masa Demokrasi Terpimpim |
IX/2 |
Kebijan politk pada masa Orde Baru |
Pengetahuan |
Peserta didik dapat menjelaskan kebijakan di bidang politik
yang di ambil oleh pemerintahan ORBA |
|
Reformasi |
|
Peserta didik dapat menjelaskan
lahirnya Gerakan reformasi |
|
Otonomi daerah |
|
Peserta didik dapat menjelaskan
tentang otonomi daerah |
|
Perkembangan ekonomi |
|
Peserta didik dapat mengurutkan
presiden RI |
Komentar
Posting Komentar