LOGO DAN MAKNA Komunitas Rabbani SMP 3 Taeh (STITA)
Nama ini cocok untuk kelompok remaja yang aktif dalam kegiatan keagamaan dan pendidikan di mushola SMP.
STRUKTUR ORGANISASI
DARUL ‘ILMI TEENAGER
Ketua : Afdal
Gifari
Wakil 1 :
Muhammad Iksan
Wakil 2 :
Fajar Hilmawan
Sekretaris : Fizi
adriansyah Allen
Bendahara : Putra
Ramadhan
Anggota : 1 Muhammad Ravki
2 M. I Ken
Ta'arif
3 Muhammad
Rizki
4 Latif
Maulana
5 M. Iqbal
Firdaus
6 Ahmad
Faizil
7 Noval Al
Hazimi
8 Dendris
myviano
9 Muhammad
Gavin
10 Muhammad robi
11 M Misha Noor
Iman
12 Rahman Hakim
Pentingkah keberadaan Kelompok remaja Rabbani di SMP?
Anak usia SMP adalah anak dalam masa adolesensi. Adolescent atau remaja merupakan periode kritis peralihan dari anak menjadi dewasa. Masa ini merupakan masa yang sangat labil dimana remaja membutuhkan bimbingan dan pendampingan yang serius agar perkembangan psikis dan emosinya tumbuh normal dan terkendali hingga terbentuk karakter yang Rabbani.
Keberadaan ikatan remaja Rabbani di sekolah, khususnya SMP, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa . Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan pentingnya keberadaan ikatan remaja Rabbani di sekolah:
1. Pembentukan Karakter Positif:
- Ikatan remaja Rabbani berperan dalam menanamkan nilai-nilai agama, moral, dan etika yang kuat pada siswa.
- Melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, siswa diajak untuk mengembangkan sifat-sifat seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kepedulian terhadap sesama.
- Hal ini membantu siswa untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan memiliki integritas yang tinggi.
2. Pengembangan Spiritual:
- Ikatan remaja Rabbani memberikan wadah bagi siswa untuk memperdalam pemahaman agama dan meningkatkan keimanan mereka.
- Melalui kajian-kajian agama, tadarus Al-Qur'an, dan kegiatan ibadah lainnya, siswa dapat memperkuat hubungan mereka dengan Tuhan.
- Hal ini membantu siswa untuk menemukan makna hidup dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna.
3. Pencegahan Kenakalan Remaja:
- Ikatan remaja Rabbani dapat menjadi benteng bagi siswa dari pengaruh negatif lingkungan sekitar, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan kekerasan.
- Dengan terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif, siswa memiliki alternatif yang sehat dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang mereka.
- Hal ini membantu mengurangi risiko siswa terlibat dalam perilaku-perilaku yang merugikan.
4. Pengembangan Kepemimpinan dan Sosial:
- Ikatan remaja Rabbani memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan sosial mereka.
- Melalui kegiatan-kegiatan organisasi, siswa belajar bekerja sama, berkomunikasi, dan memecahkan masalah.
- Hal ini membantu siswa untuk menjadi individu yang mandiri, percaya diri, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat.
5. Membangun Lingkungan Sekolah yang Positif:
- Keberadaan ikatan remaja Rabbani dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih religius, harmonis, dan kondusif bagi pembelajaran.
- Siswa merasa lebih nyaman dan aman untuk berinteraksi dan mengembangkan diri di sekolah.
- Hal ini mendukung terciptanya budaya sekolah yang positif dan saling mendukung.
Dengan demikian, ikatan remaja Rabbani memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda yang beriman, berakhlak mulia, dan berprestasi.
Bagaimana Kedudukannya di sekolah
Ikatan Remaja Rabbani adalah Mitra OSIS dari seksi bidang keagamaan. Ikatan ini sekaligus melatih siswa dalam bermitra atau berkolaborasi.
Kami mohon dukungan Walas untuk suppor siswa kita semua. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mereka dalam mengembangkan profil mereka.
Komentar
Posting Komentar