PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DAN SOP







 LEMBARAN PERSETUJUAN

Setelah membaca dan mencermati Program Sekolah Adiwiyata yang telah ditulis oleh Tim Adiwiyata SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh dengan Ketua Program, yaitu

 

Nama               : leli afrida, S.Pd

NIP                 : 19680614 199412 2 002

NUPTK           : 4946 7466 4930 0012

Pangkat/Gol    : Pembina, IV/a

Jabatan                        : Guru

Bidang Tugas  : Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Unit Kerja       : SMP Negeri 3 Kec. Payakumbuh

           

 

Program  ini disetujui  sebagai  dasar pedoman dalam melaksanakan kegiatan Adiwiyata tahun 20..........

 

 

Menyetujui dan mengesahkan:                                            Taeh Baruah, Juli 202......

Kepala Sekolah                                                                    Penulis,

 

...............................................                                                leli Afrida,S.Pd

NIP  .............................................                                     NIP. 19680614199412 2 002

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Puji dan sukur kami persembahkan kehadirat Allah yang Maha Esa, Maha Pengasih dan Penyayang, yang membukakan hati dan fikiran, yang tiada henti melimpahkan Rahmad dan KaruniaNya kepada setiap hamba, sehingga kami telah dapat menyelesaikan Program Sekolah Adiwiyata UPTD SMP Negeri 3 Kecamatan Payakumbuh berdasarkan Permen LH No 5 Tahun 2013 tentang petunjuk pelaksanaan program adiwiyatan dan Peraturan Bupati Lima Puluh Kota No 56 ....Tahun 2017...... tentang pedoman pelaksanaan program adwiyata.

Program ini disusun sebagai acuan kegiatan adiwiyata yang sedang dan terus diupayakan dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang ideal sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Dalam penyusunan program kami selalu berkoordinasi dengan  Kepala sekolah dan seluruh masyarakat sekolah serta  instansi terkait guna mendapatkan dukungan dan saran. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Selanjutnya dengan kerendahan hati, kami menyadari ketidak sempurnaan program Ini, maka kami mengharapkan kritikan dan saran yang membangun demi kesempurnaan program adiwiyata  UPTD SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh.

Taeh Baruah, Juli 202.....

Tim Adiwiyata

DAFTAR ISI

                                                                                                                            

LEMBAR PERSETUJUAN                                                                                         

KATA PENGANTAR                                                                                                   

DAFTAR ISI      

BAB I PENDAHULUAN                                                                                    

A.     Latar Belakang    

B.     Pengertian    

C.     Komponen

D.    Tujuan 

BAB II INDIKATOR PROGRAM

A.     Visi dan Misi sekolah

B.     Indicator keberhasilan program

C.     Kegiatan sosialisasi program

BAB III PROGRAM

A.     Program

B.     Jadwal

BAB IV PENUTUP  .................................................................................................


BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Lingkungan merupakan salah satu aspek pengaruh terbesar pada perkembangkan peserta didik di masa mendatang. Untuk itu sangatlah diperlukan pengetahuan dan kepedulian   terhadap lingkungan, baik itu lingkungan sosial maupun lingkungan alam

Dewasa ini kondisi lingkungan alam sudah sangat mengkhawatirkan seperti pemanasan global, polusi tanah, air, dan udara, longsor, cuaca ekstrim, naiknya permukaan air laut akibat pencairan es di kutub dan sebagainya. Selain itu  masalah lingkungan paling serius di Indonesia  saat ini adalah masalah sampah. Indonesia adalah penghasil sampah dan pembuang sampah ke laut no 2 di dunia  . Upaya penyelamatan lingkungan ini tentu tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau beberapa orang saja melainkan harus dilakukan oleh semua pihak. Kesadaran akan pentingnya pemeliharaan lingkungan harus dilakukan sejak dini pada setiap orang. Salah satu cara yang efektif adalah melalui lembaga pendidikan

Menyadari kondisi tersebut sepantasnyalah  instansi pendidikan memandang Adiwiyata sabagai wahana untuk membangun karakter anak bangsa yang mencintai lingkungan sebagai ruang hidupnya. UPTD SMPN 3 Kec. Payakumbuh sebagai bagian dari instansi pendidikan dan ujung tombak pembentuk karakter peserta didik,  ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam upaya pembinaan dan pembentuk lingkungan ideal  melalui Program Sekolah Adiwiyata. Program Adiwiyata, sangat singron dengan Visi dan Misi sekolah

B.      Pengertian

Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada citacita pembangunan berkelanjutan.

Sebagai umat Islam adiwiyata bukanlah hal baru, karena di dalam Al-Quran Surah Al-A’raaf ayat   56 Allah memberi peringatan yang berbunyi :

“ Dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi, sesudah Allah memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut ( tidak akan diterima) dan harapan ( akan dikabulkan). Sesungguhnya Rahmad Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Berarti sejak 21 abad yang silam Allah SWT telah memperingatkan kita tentang keberadaan alam yang memperihatinkan di akhir zaman. Karena itu dibutuhkan pemahaman dan kesadaran yang mendalam dari setiap generasi dalam pemanfaatan dan kelestarian lingkungan alam ini.

C.      Komponen Adiwiyata

Untuk mencapai tujuan program Adiwiyata, maka ditetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah Adiwiyata. Keempat komponen tersebut adalah;

a.      Kebijakan Berwawasan Lingkungan

b.      Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan

c.      Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif

d.     Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

D.     Tujuan

Tujuan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Lebih khususnya Tujuan Program Adiwiyata adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar dan antara lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprensif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

INDIKATOR PROGRAM

A.           Visi Misi Sekolah

1.             Visi Sekolah

Cerdas, kreatif, berprestasi , berwawasan lingkungan berlandaskan imtaq dan iptek

2.            Misi Sekolah

1.              Melaksanakan pembelajaran yang aktif , inovatif, interaktif efektif dan menyenangkan

2.             Menumbuh kembangkan pembiasaan hidup bersih, jujur, disiplin, mandiri , solidaritas, gemar berlatih  dan membaca serta taat  beragama

3.             Mewujudkan pemenuhan delapan standar nasional pendidikan

4.             Mewujudkan sarana/prasarana teknologi informasi dan komunikasi,olah raga dan seni yang memadai.

5.             Membina siswa yang potensial/unggulan secara intensif baik akademik atau non akademik.

6.             Meningkatkan kompetensi guru di bidang bahasa Inggris,teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

7.             Mengembangkan interaksi  positif  dan kesantunan antara warga sekolah  dan  masyarakat

8.            Melaksanakan program sekolah sehat dan adiwiyata yang ramah lingkungan.

9.             Merawat diri dan lingkungan sekolah

10.         Membangun dan mengembangkan komitmen  cinta lingkungan

 melalui:

a.         Pelestarian lingkungan hidup dan sosial budaya

b.        Pencegahan pencemaran terhadap lingkungan hidup dan sosial budaya

c.         Penanggulangan kerusakan lingkungan hidup dan sosial budaya

d.        Pemberdayaan  lingkungan hidup dan  sosial budaya

11.          Mengembangkan dan mengelola sarana  prasarana sekolah yang ramah lingkungan  untuk  mendukung keberhasilan pendidikan dan pembelajaran secara optimal dan terpadu.

 

Dari Visi dan misi di atas sudah terlihat bahwa SMP N 3 Kecamatan Payakumbuh memiliki komitmen  nyata untuk menciptakan lingkungan yang baik dan ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang akan menjadi dasar bagi peserta didik menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Lingkungan yang baik dan ideal adalah lingkungan yang bersih, sehat dan rapi yang terbentuk melalui budaya hidup bersih, sehat

 

B.      Indikator keberhasilan program 

  Pengembangan Kebijakan Sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan 

a.        Visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

b.        Kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup.

c.        Kebijakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (tenaga kependidikan dan non-kependidikan) di bidang pendidikan lingkungan hidup.

d.       Kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam.

e.        Kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

f.       Kebijakan sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup.

2.         Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan

a.       Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran.

b.       Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.

c.        Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya.

d.       Pengembangan kegiatan kurikuler untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.

 

3.         Pengembangan Kegiatan Berbasis Parsitipatif. 

a.       Menciptakan kegiatan ekstra kurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis patisipatif di sekolah.

b.       Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar.

c.      Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah.

4.         Pengelolaan dan atau pengembangan Sarana Pendukung Sekolah. 

b.        Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup.

c.        Peningkatan kualitas penge-lolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah.

d.       Penghematan sumberdaya alam (listrik, air, dan ATK).

e.        Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat.

f.         Pengembangan sistem pengelolaan sampah.

C.       Kegiatan Sosialisasi Program

1.        Sasaran kegiatan

1)        Pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah berjumlah + 50 orang

2)       Siswa berjumlah + 392 orang

3)       Para orang tua siswa kelas VII s.d. kelas IX

4)       Komite

 

2.      Tujuan

a)       Agar guru, siswa dan warga sekolah dapat memahami konsep sekolah adiwiyata

b)       Agar guru, siswa dan warga sekolah dapat meningkatkan paritisipasinya dalam membangun sekolah adiwiyata.

c)        Agar guru, siswa dan warga sekolah mempunyai sikap tanggungjawab terhadap program kegiatan adiwiyata.

3.      Pelaksanaan

a)       Untuk guru pada bulan februari minggu kesatu

b)       Untuk siswa bulan februari secara serempak oleh guru kelas masing-masing

c)        Untuk orang tua melalui rapat sekolah dan surat edaran dari sekolah

d)       Untuk warga sekolah lainnya melalui papan pengumuman, brosur dan pamflet di sekolah.

 

 

 

BAB III

PROGRAM

 

A.           Gerakan Sabtu Bersih dan Riang (GESABRI)

Yaitu kegiatan kerja  bakti ringan di sekitar sekolah dan lingkungan luar sekolah untuk menjaga kebersihan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu siang, diikuti oleh semua warga sekolah mulai dari guru, siswa, penjaga sekolah dan kepala sekolah selama kurang lebih 60 menit dengan situasi bergembira

1.         Tujuan Kegiatan

a.        Menciptakan kebersamaan dalam upaya kepedulian terhadap lingkungan.

b.        Pendidikan pembiasaan agar siswa selalu peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.

c.        Agar selalu menjaga kondisi lingkungan sekolah tetap bersih dan indah, bebas dari sumber penyakit.

2.         Pelaksanaan

a.        Setiap hari sabtu  sebelum pulang

b.        Melibatkan seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya.

c.        Sasarannya, ruang kelas, halaman didepan kelas, taman sekolah, kaca jendela, pembuangan air limbah dan halaman depan sekolah.

B.           Kegiatan Lomba Kebersihan Kelas

Kegiatan lomba kebersihan kelas ini dilaksanakan penilaiannya setiap minggu oleh Tim K6 sekolah, hasil penilaian dalam setiap bulan di umumkan dalam upacara bendera pada hari senin, kepada pemenang kebersihan diberikan piagam yang boleh disimpan kelas dan mendapatkan kupon bertanda tangan kepala sekolah yang bisa dikumpulkan di kelas, pada akhir tahun kelas yang mendapat kupon terbanyak akan mendapatkan hadiah.

Tujuan Kegiatan lomba kebersihan kelas ini untuk memberikan motivasi kepada para siswa agar tetap selalu menjaga kebersihan kelasnya masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab. Dan pembiasaan agar siswa tetap senang dalam menjaga kebersihan lingkungan.

C.       Penataan Taman, Green house dan Kebun Sekolah

Kegiatan ini yaitu kegiatan menata kembali taman dan kebun sekolah dengan maksud agar taman dan kebun selalu tumbuh dengan baik dan terpelihara kegiatan ini diantaranya sebagai berikut:

                                1.              Menambah tanaman penghijauan baik yang di depan kelas maupun yang ada dibelakang kelas.

                                2.              Memberi pupuk dan menata kembali tanaman di taman sekolah

                                3.              Membersihkan taman dari sampah dan rumput liar yang mengganggu.

                                4.              Memberikan nama atau label pada tanaman yang ada di sekolah.

                                5.              Melakukan kegiatan pembibitan

D.      Membuat Penunjang Pembiasaan

Dalam kegiatan ini sekolah akan membuat perangkat pendidikan dalam rangka meningkatkan kesadaran kepada siswa, diantaranya akan mengembangkan yel-yel sekolah yang kaitan dengan peduli lingkungan, lagu-lagu yang berkaitan dengan lingkungan dan moto-moto yang berkaitan dengan lingkungan.

E.       Pembiasaan Buang Sampah

Yaitu kegiatan ini diawali oleh sekolah agar menambah bak sampah dan memperbaiki bak sampah yang sudah ada, dimana tujuannya yaitu agar anak terbiasa membuang sampah pada tempatnya dan bisa memisahkan antar sampah organik dan anorganik. Sehingga kebiasaan ini menjadi bagian dari perilakunya.

F.       Memelihara dan Menanam Pohon

Kegiatan ini bertujuan agar anak memiliki sikap rasa sayang terhadap tanaman, memahami pentingnya keberadaan tanaman untuk kehidupan manusia, membantu agar Indonesia tetap hijau.

Kegaiatan penanaman pohon ini dilakukan selain di sekolah dilakukan juga di rumahnya masing-masing bagi yang memiliki lahan, atau bisa juga memakai pas bunga, atau ikut menanam di tempat orang lain saudaranya yang telah mengijinkan, paling sedikit satu anak satu pohon. Guru memberi tugas dan siswa melaporkan pertumbuhan pohon yang ditanamnya setiap seminggu sekali atau sebulan sekali. Dan bila perlu di foto pohonnya.

 

G.      Membuat Apotek Hidup

Kegiatan ini bertujuan agar siswa mengetahui jenis tanaman obat-obatan dan tahu mampaat dari tanaman obat-obatan, bisa menanam tanaman obat-obatan sendiri. Dalam kegiatan ini sekolah menyiapkan area untuk ditanami oleh tanaman obat-obatan, bisa dengan menggunakan pas bunga dengan menggunakan lahan yang ada di sekolah.

H.     Memamfaatkan Bahan Bekas/ Daur Ulang

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi keberadaan sampah baik di sekolah maupun di rumah atau dilingkungan sekitar, untuk itu agar anak bisa kreatif dalam dirinya untuk berusaha memamfaatkan barang bekas agar menjadi berguna kembali dengan tetap selalu menjaga kebersihannya. antara lain melalui mata pelajaran keterampilan kerajinan   guru dan siswa diajak membuat keterampilan dari barang-barang bekas, membuat alat-alat dari barang bekas dan sebagainya. Hasilnya digunakan/ dimamfaatkan oleh anak atau dipajang di kelas masing-masing, kantor dan galeri sekolah.

 

I.         Bank Sampah

Yaitu kegiatan sekolah mengumpulkan sampah melalui siswa secara bertahap setiap minggu yang di kelola dengan administrasi sederhana.   Kemudian    sampah tersebut dijual kepada pengumpul yang sudah terikat dengan MOU pada setiap awal ahun. Dalam kegiatan ini guru memotivasi dan menilai hasil kerjasama siswa. Uang hasil penjualannya dilaporkan dan dimamfaatkan untuk kegiatan peduli lingkungan.

 

J.       Membuat Lubang Biopori

 Pembuatan lubang biopori sudah dilakukan oleh sekolah bersama-sama dengan siswa sampai saat ini yang sudah dibuat sebanyak kurang lebih 15 lubang terletak di Lapangan olah raga, Taman sekolah, disamping/dibelakang  Mushola 4 lubang, dan di tempat parkir kendaraan siswa. Fungsi biopori selain untuk penyerapan air juga membantu dalam pembusukan sampah organik.


JADWAL KEGIATAN PROGRAM

No

Keg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jan

Feb

Mar

April

Mei

Juni

Juli

Agus

Sep

Okt

Nof

Des

Ket

1

Kebijakan Berwawasan Lingkungan

v

 

 

 

 

 

v

 

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

3

Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

4

Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v


BAB IV

P E N U T U P  

 

 Program adiiwiyata (sekolah peduli dan berbudaya lingkungan) di laksanakan di SMP N 3 Kecamatan Payakumbuh dengan tujuan  menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif.

Sebuah program tidak akan bermakna jika tidak di landasi kemauan, kerja keras, dan keikhlasan dalam pelaksanaannya. Untuk itu hanya dengan inovasi dan motivasi untuk sama-sama bersatu hati, bertekad kuat, dan semangat juang yang mantap dan berkesinambungan, InsyaAllah program kerja ini akan lebih kaya dan bermakna dalam pelaksanaannya.

Atas kerjasama dan bantuan dari seluruh warga sekolah dan berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder) kami ucapkan terimakasih, semoga program kerja adiwiyata di  SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh  dapat berjalan dengan baik.

 

                                                                                                Tim Adiwiyata

Lampiran :  Keputusan Kepala UPTD

Nomor : 800/       /UPTD SMPN 3 Kec PYK/VII/202....

Hal       : Tim Program Adiwiyata di UPTD SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh

TIM PELAKSANA PROGRAM ADIWIYATA

DI UPTD SMP NEGERI 3 KECAMATAN PAYAKUMBUH

TAHUN PELAJARAN 202..../202...............

1. Penanggung Jawab               

Kepala sekolah

2. Ketua          

Leli Afrida, S.Pd

3. Wakil I        

Nelpidawati, S.Pd

4. Wakil II       

Nurzilawati, S.Pd

5. Sekretaris I

Yasparman, S.Pd

6. Sekretaris II

Indra Muryenti, S.Pd

7. Bendahara

Wiki Sandra, S.Kom

8.Duta Adiwiyata                       

 

 

 

 

Ditetapkan di  :  Taeh Baruah

Pada Tanggal  :  12 Juli 202...

Kepala UPTD,

 

........................................................

NIP:.................................................................................................





 

 

 







 








                                                                                                                                 
Nama Lembaga
:
Kementrian pendidikan dan kebudayaan
Kode Dok
SMP                        2014
Unit
:
SMP N 3 Kec. Payakumbuh
Standar
Biaya  :disesuaikan
Tanggal Disahkan
:
1 Maret 2014
Tanggal Revisi
-
Mengesahkan
Kepala




  
NIP.  


1
Judul
SOP  Pengelolaan sampah di kelas
2
Tujuan
a.        Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman dan bebas sampah
b.        Lingkungan sekolah dapat menjadi asri dan nyaman
c.        Sampah dapat dimanfaatkan
d.        Terlaksananya  Program 3R
3
Referensi
Peraturan Menteri Negara Lingkunan Hidup No. 02 Tahun 2009
4
Pihak-pihak Terkait
Pembina. : Kepala Sekolah
Koordinat or  Bank Sampah. 
5
Dokumen
Jadwal penyetoran sampah, Daftar piket pegawai Bank Sampah Smart, Alat Pengelola Bank Sampah, Struktur Pengelola Sampah kelas.
6
Prosedur Kerja
1.        Membentuk struktur organisasi pengelola sampah kelas serta menentukan peran dari masing-masing petugas
2.        Merencanakan konsep pengelolaan sampah di kelas
3.        Mengelola sampah dengan memilah sampah organik dan sampah anorganik
·         Sampah anorganik berupa botol minuman di kumpulkan
4.        Setiap siswa mengumpulkan sampah kertas (HVS,Koran,Buku  bekas dan kardus)
5.        Menyetor sampah yang sudah dikelola dengan bersih ke bank sampah
*Botol Minuman minimal 50 buah per kelas
* Samapah kertas minimal 2 ons per kelas


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Bebas

AKU , EBI DAN CHAT-GPT (Kisah Nyata)

Kisi Kisi Ujian sekolah