PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DAN SOP
LEMBARAN PERSETUJUAN
Setelah membaca
dan mencermati Program Sekolah Adiwiyata yang telah ditulis oleh Tim Adiwiyata
SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh dengan Ketua Program, yaitu
Nama : leli afrida, S.Pd
NIP : 19680614 199412 2 002
NUPTK : 4946 7466 4930 0012
Pangkat/Gol : Pembina, IV/a
Jabatan : Guru
Bidang Tugas : Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Kec. Payakumbuh
Program ini disetujui
sebagai dasar pedoman dalam
melaksanakan kegiatan Adiwiyata tahun 20..........
Menyetujui dan mengesahkan: Taeh
Baruah, Juli 202......
Kepala Sekolah Penulis,
............................................... leli
Afrida,S.Pd
NIP ............................................. NIP.
19680614199412 2 002
KATA PENGANTAR
Puji
dan sukur kami persembahkan kehadirat Allah yang Maha Esa, Maha Pengasih dan Penyayang,
yang membukakan hati dan fikiran, yang tiada henti melimpahkan Rahmad dan
KaruniaNya kepada setiap hamba, sehingga kami telah dapat menyelesaikan Program
Sekolah Adiwiyata UPTD SMP Negeri 3 Kecamatan Payakumbuh berdasarkan Permen LH No 5 Tahun 2013 tentang petunjuk
pelaksanaan program adiwiyatan dan Peraturan Bupati Lima Puluh Kota No 56 ....Tahun
2017...... tentang pedoman pelaksanaan program adwiyata.
Program ini disusun sebagai acuan kegiatan
adiwiyata yang sedang dan terus diupayakan dalam rangka menciptakan lingkungan
sekolah yang ideal sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran dalam
rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Dalam penyusunan program kami selalu berkoordinasi
dengan Kepala sekolah dan seluruh
masyarakat sekolah serta instansi
terkait guna mendapatkan dukungan dan saran. Untuk itu kami mengucapkan terima
kasih yang tak terhingga. Selanjutnya dengan kerendahan hati, kami menyadari
ketidak sempurnaan program Ini, maka kami mengharapkan kritikan dan saran yang
membangun demi kesempurnaan program adiwiyata UPTD SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh.
Taeh Baruah, Juli 202.....
Tim Adiwiyata
DAFTAR ISI
LEMBAR PERSETUJUAN
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Pengertian
C. Komponen
D. Tujuan
BAB II INDIKATOR PROGRAM
A. Visi dan Misi sekolah
B. Indicator keberhasilan program
C. Kegiatan sosialisasi program
BAB III PROGRAM
A. Program
B. Jadwal
BAB IV PENUTUP .................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Lingkungan merupakan salah satu
aspek pengaruh terbesar pada perkembangkan peserta didik di masa mendatang.
Untuk itu sangatlah diperlukan pengetahuan dan kepedulian terhadap lingkungan, baik itu lingkungan
sosial maupun lingkungan alam
Dewasa ini kondisi lingkungan
alam sudah sangat mengkhawatirkan seperti pemanasan global, polusi tanah, air,
dan udara, longsor, cuaca ekstrim, naiknya permukaan air laut akibat pencairan
es di kutub dan sebagainya. Selain itu
masalah lingkungan paling serius di Indonesia saat ini adalah masalah sampah. Indonesia
adalah penghasil sampah dan pembuang sampah ke laut no 2 di dunia . Upaya penyelamatan lingkungan ini tentu
tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau beberapa orang saja melainkan harus
dilakukan oleh semua pihak. Kesadaran akan pentingnya pemeliharaan lingkungan
harus dilakukan sejak dini pada setiap orang. Salah satu cara yang efektif
adalah melalui lembaga pendidikan
Menyadari
kondisi tersebut sepantasnyalah instansi
pendidikan memandang Adiwiyata sabagai wahana untuk membangun karakter anak
bangsa yang mencintai lingkungan sebagai ruang hidupnya. UPTD SMPN 3 Kec. Payakumbuh
sebagai bagian dari instansi pendidikan dan ujung tombak pembentuk karakter
peserta didik, ikut ambil bagian dan
berperan aktif dalam upaya pembinaan dan pembentuk lingkungan ideal melalui Program Sekolah Adiwiyata. Program
Adiwiyata, sangat singron dengan Visi dan Misi sekolah
B. Pengertian
Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna
sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu
pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia
menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita‐cita pembangunan berkelanjutan.
Sebagai
umat Islam adiwiyata bukanlah hal baru, karena di dalam Al-Quran Surah
Al-A’raaf ayat 56 Allah memberi
peringatan yang berbunyi :
“ Dan
janganlah kamu membuat kerusakan di bumi, sesudah Allah memperbaikinya dan
berdoalah kepadanya dengan rasa takut ( tidak akan diterima) dan harapan ( akan
dikabulkan). Sesungguhnya Rahmad Allah amat dekat kepada orang-orang yang
berbuat baik.
Berarti
sejak 21 abad yang silam Allah SWT telah memperingatkan kita tentang keberadaan
alam yang memperihatinkan di akhir zaman. Karena itu dibutuhkan pemahaman dan
kesadaran yang mendalam dari setiap generasi dalam pemanfaatan dan kelestarian
lingkungan alam ini.
C. Komponen Adiwiyata
Untuk
mencapai tujuan program Adiwiyata, maka ditetapkan 4 (empat) komponen program
yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah Adiwiyata. Keempat
komponen tersebut adalah;
a.
Kebijakan Berwawasan Lingkungan
b.
Pelaksanaan Kurikulum Berbasis
Lingkungan
c.
Kegiatan Lingkungan Berbasis
Partisipatif
d.
Pengelolaan Sarana Pendukung
Ramah Lingkungan
D. Tujuan
Tujuan
program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam
upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah
yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Lebih khususnya Tujuan Program Adiwiyata
adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi
tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari
warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya
penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya
kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan
menengah di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar dan antara
lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan
kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan
prinsip dasar yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam
manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh
kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprensif.
BAB II
INDIKATOR
PROGRAM
A.
Visi Misi Sekolah
1.
Visi Sekolah
Cerdas, kreatif,
berprestasi , berwawasan lingkungan berlandaskan imtaq dan iptek
2.
Misi Sekolah
1.
Melaksanakan pembelajaran yang aktif ,
inovatif, interaktif efektif dan menyenangkan
2.
Menumbuh kembangkan pembiasaan hidup
bersih, jujur, disiplin, mandiri , solidaritas, gemar berlatih dan membaca serta taat beragama
3.
Mewujudkan pemenuhan delapan standar
nasional pendidikan
4.
Mewujudkan sarana/prasarana teknologi
informasi dan komunikasi,olah raga dan seni yang memadai.
5.
Membina siswa yang potensial/unggulan
secara intensif baik akademik atau non akademik.
6.
Meningkatkan kompetensi guru di bidang
bahasa Inggris,teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan
pembelajaran.
7.
Mengembangkan interaksi positif
dan kesantunan antara warga sekolah
dan masyarakat
8.
Melaksanakan program sekolah sehat dan
adiwiyata yang ramah lingkungan.
9.
Merawat diri dan lingkungan sekolah
10.
Membangun dan mengembangkan
komitmen cinta lingkungan
melalui:
a.
Pelestarian lingkungan hidup dan sosial
budaya
b.
Pencegahan pencemaran terhadap lingkungan
hidup dan sosial budaya
c.
Penanggulangan kerusakan lingkungan
hidup dan sosial budaya
d.
Pemberdayaan lingkungan hidup dan sosial budaya
11.
Mengembangkan dan mengelola sarana prasarana sekolah yang ramah lingkungan untuk
mendukung keberhasilan pendidikan dan pembelajaran secara optimal dan
terpadu.
Dari Visi dan misi di atas sudah
terlihat bahwa SMP N 3 Kecamatan Payakumbuh memiliki komitmen nyata untuk menciptakan lingkungan yang baik
dan ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta
etika yang akan menjadi dasar bagi peserta didik menuju terciptanya
kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Lingkungan yang baik dan ideal adalah lingkungan yang bersih, sehat dan rapi
yang terbentuk melalui budaya hidup bersih, sehat
B.
Indikator keberhasilan program
Pengembangan Kebijakan Sekolah yang diperlukan untuk
mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
a.
Visi dan misi sekolah yang peduli dan
berbudaya lingkungan.
b.
Kebijakan sekolah dalam mengembangkan
pembelajaran pendidikan lingkungan hidup.
c.
Kebijakan peningkatan kapasitas sumber daya
manusia (tenaga kependidikan dan non-kependidikan) di bidang pendidikan
lingkungan hidup.
d.
Kebijakan sekolah dalam upaya penghematan
sumber daya alam.
e.
Kebijakan sekolah yang mendukung
terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
f. Kebijakan
sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait
dengan masalah lingkungan hidup.
2. Pengembangan
Kurikulum Berbasis Lingkungan
a.
Pengembangan model pembelajaran lintas mata
pelajaran.
b.
Penggalian dan pengembangan materi dan
persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.
c.
Pengembangan metode belajar berbasis
lingkungan dan budaya.
d.
Pengembangan kegiatan kurikuler untuk
meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
3. Pengembangan
Kegiatan Berbasis Parsitipatif.
a.
Menciptakan kegiatan ekstra
kurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis patisipatif di sekolah.
b.
Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup
yang dilakukan oleh pihak luar.
c. Membangun
kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup
di sekolah.
4. Pengelolaan
dan atau pengembangan Sarana Pendukung Sekolah.
b.
Pengembangan fungsi sarana pendukung
sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup.
c.
Peningkatan kualitas penge-lolaan
lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah.
d.
Penghematan sumberdaya alam (listrik, air,
dan ATK).
e.
Peningkatan kualitas pelayanan makanan
sehat.
f.
Pengembangan sistem pengelolaan sampah.
C.
Kegiatan Sosialisasi Program
1.
Sasaran kegiatan
1)
Pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah
berjumlah + 50 orang
2) Siswa berjumlah + 392
orang
3) Para orang tua siswa kelas
VII s.d. kelas IX
4) Komite
2.
Tujuan
a) Agar guru, siswa dan warga
sekolah dapat memahami konsep sekolah adiwiyata
b) Agar guru, siswa dan warga
sekolah dapat meningkatkan paritisipasinya dalam membangun sekolah adiwiyata.
c)
Agar guru, siswa dan warga sekolah mempunyai
sikap tanggungjawab terhadap program kegiatan adiwiyata.
3.
Pelaksanaan
a) Untuk guru pada bulan
februari minggu kesatu
b) Untuk siswa bulan februari
secara serempak oleh guru kelas masing-masing
c)
Untuk orang tua melalui rapat sekolah dan surat
edaran dari sekolah
d) Untuk warga sekolah lainnya
melalui papan pengumuman, brosur dan pamflet di sekolah.
BAB III
PROGRAM
A.
Gerakan Sabtu Bersih dan Riang (GESABRI)
Yaitu
kegiatan kerja bakti ringan di sekitar
sekolah dan lingkungan luar sekolah untuk menjaga kebersihan yang dilaksanakan
setiap hari Sabtu siang, diikuti oleh semua warga sekolah mulai dari guru,
siswa, penjaga sekolah dan kepala sekolah selama kurang lebih 60 menit
dengan situasi bergembira
1. Tujuan
Kegiatan
a.
Menciptakan kebersamaan dalam upaya kepedulian
terhadap lingkungan.
b.
Pendidikan pembiasaan agar siswa selalu
peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.
c.
Agar selalu menjaga kondisi lingkungan sekolah
tetap bersih dan indah, bebas dari sumber penyakit.
2. Pelaksanaan
a.
Setiap hari sabtu sebelum pulang
b.
Melibatkan seluruh siswa, guru, dan tenaga
kependidikan lainnya.
c.
Sasarannya, ruang kelas, halaman didepan kelas,
taman sekolah, kaca jendela, pembuangan air limbah dan halaman depan sekolah.
B.
Kegiatan Lomba Kebersihan Kelas
Kegiatan
lomba kebersihan kelas ini dilaksanakan penilaiannya setiap minggu oleh Tim K6
sekolah, hasil penilaian dalam setiap bulan di umumkan dalam upacara bendera
pada hari senin, kepada pemenang kebersihan diberikan piagam yang boleh
disimpan kelas dan mendapatkan kupon bertanda tangan kepala sekolah yang bisa
dikumpulkan di kelas, pada akhir tahun kelas yang mendapat kupon terbanyak akan
mendapatkan hadiah.
Tujuan
Kegiatan lomba kebersihan kelas ini untuk memberikan motivasi kepada para siswa
agar tetap selalu menjaga kebersihan kelasnya masing-masing dengan penuh rasa
tanggung jawab. Dan pembiasaan agar siswa tetap senang dalam menjaga kebersihan
lingkungan.
C.
Penataan Taman, Green house dan Kebun Sekolah
Kegiatan
ini yaitu kegiatan menata kembali taman dan kebun sekolah dengan maksud agar
taman dan kebun selalu tumbuh dengan baik dan terpelihara kegiatan ini
diantaranya sebagai berikut:
1.
Menambah tanaman penghijauan baik yang di depan
kelas maupun yang ada dibelakang kelas.
2.
Memberi pupuk dan menata kembali tanaman di
taman sekolah
3.
Membersihkan taman dari sampah dan rumput liar
yang mengganggu.
4.
Memberikan nama atau label pada tanaman yang
ada di sekolah.
5.
Melakukan kegiatan pembibitan
D.
Membuat Penunjang Pembiasaan
Dalam
kegiatan ini sekolah akan membuat perangkat pendidikan dalam rangka
meningkatkan kesadaran kepada siswa, diantaranya akan mengembangkan yel-yel
sekolah yang kaitan dengan peduli lingkungan, lagu-lagu yang berkaitan dengan
lingkungan dan moto-moto yang berkaitan dengan lingkungan.
E.
Pembiasaan Buang Sampah
Yaitu
kegiatan ini diawali oleh sekolah agar menambah bak sampah dan memperbaiki bak
sampah yang sudah ada, dimana tujuannya yaitu agar anak terbiasa membuang
sampah pada tempatnya dan bisa memisahkan antar sampah organik dan anorganik.
Sehingga kebiasaan ini menjadi bagian dari perilakunya.
F.
Memelihara dan Menanam Pohon
Kegiatan
ini bertujuan agar anak memiliki sikap rasa sayang terhadap tanaman, memahami
pentingnya keberadaan tanaman untuk kehidupan manusia, membantu agar Indonesia
tetap hijau.
Kegaiatan
penanaman pohon ini dilakukan selain di sekolah dilakukan juga di rumahnya
masing-masing bagi yang memiliki lahan, atau bisa juga memakai pas bunga, atau
ikut menanam di tempat orang lain saudaranya yang telah mengijinkan, paling
sedikit satu anak satu pohon. Guru memberi tugas dan siswa melaporkan
pertumbuhan pohon yang ditanamnya setiap seminggu sekali atau sebulan sekali.
Dan bila perlu di foto pohonnya.
G.
Membuat Apotek Hidup
Kegiatan
ini bertujuan agar siswa mengetahui jenis tanaman obat-obatan dan tahu mampaat
dari tanaman obat-obatan, bisa menanam tanaman obat-obatan sendiri. Dalam
kegiatan ini sekolah menyiapkan area untuk ditanami oleh tanaman obat-obatan,
bisa dengan menggunakan pas bunga dengan menggunakan lahan yang ada di sekolah.
H.
Memamfaatkan Bahan Bekas/ Daur Ulang
Kegiatan
ini bertujuan untuk mengurangi keberadaan sampah baik di sekolah maupun di
rumah atau dilingkungan sekitar, untuk itu agar anak bisa kreatif dalam dirinya
untuk berusaha memamfaatkan barang bekas agar menjadi berguna kembali dengan
tetap selalu menjaga kebersihannya. antara lain melalui mata pelajaran
keterampilan kerajinan guru dan siswa
diajak membuat keterampilan dari barang-barang bekas, membuat alat-alat dari
barang bekas dan sebagainya. Hasilnya digunakan/ dimamfaatkan oleh anak atau
dipajang di kelas masing-masing, kantor dan galeri sekolah.
I.
Bank Sampah
Yaitu
kegiatan sekolah mengumpulkan sampah melalui siswa secara bertahap setiap
minggu yang di kelola dengan administrasi sederhana. Kemudian sampah tersebut dijual kepada pengumpul yang
sudah terikat dengan MOU pada setiap awal ahun. Dalam kegiatan ini guru
memotivasi dan menilai hasil kerjasama siswa. Uang hasil penjualannya
dilaporkan dan dimamfaatkan untuk kegiatan peduli lingkungan.
J.
Membuat Lubang Biopori
Pembuatan
lubang biopori sudah dilakukan oleh sekolah bersama-sama dengan siswa sampai
saat ini yang sudah dibuat sebanyak kurang lebih 15 lubang terletak di Lapangan
olah raga, Taman sekolah, disamping/dibelakang Mushola 4 lubang, dan
di tempat parkir kendaraan siswa. Fungsi biopori selain untuk penyerapan air
juga membantu dalam pembusukan sampah organik.
JADWAL KEGIATAN PROGRAM
No |
Keg |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jan |
Feb |
Mar |
April |
Mei |
Juni |
Juli |
Agus |
Sep |
Okt |
Nof |
Des |
Ket |
1 |
Kebijakan Berwawasan Lingkungan |
v |
|
|
|
|
|
v |
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
3 |
Kegiatan
Lingkungan Berbasis Partisipatif |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
4 |
Pengelolaan Sarana Pendukung
Ramah Lingkungan |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
v |
BAB
IV
P E N U T U P
Program
adiiwiyata (sekolah peduli dan berbudaya lingkungan) di laksanakan di SMP
N 3 Kecamatan Payakumbuh dengan tujuan
menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat
pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga
sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan
lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Kegiatan utama diarahkan pada
terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi
sekolah dasar di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar yang
antara lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan
kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan
prinsip dasar yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam
manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh
kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif.
Sebuah program tidak akan bermakna jika tidak di landasi kemauan,
kerja keras, dan keikhlasan dalam pelaksanaannya. Untuk itu hanya dengan
inovasi dan motivasi untuk sama-sama bersatu hati, bertekad kuat, dan semangat
juang yang mantap dan berkesinambungan, InsyaAllah program kerja ini akan lebih
kaya dan bermakna dalam pelaksanaannya.
Atas kerjasama dan bantuan dari seluruh
warga sekolah dan berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder) kami ucapkan
terimakasih, semoga program kerja adiwiyata di
SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh dapat
berjalan dengan baik.
Tim
Adiwiyata
Lampiran : Keputusan Kepala UPTD |
|
Nomor : 800/ /UPTD SMPN 3 Kec
PYK/VII/202.... Hal : Tim Program Adiwiyata di UPTD SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh |
|
TIM
PELAKSANA PROGRAM ADIWIYATA DI UPTD SMP NEGERI 3 KECAMATAN PAYAKUMBUH TAHUN
PELAJARAN 202..../202............... |
|
1. Penanggung Jawab |
Kepala
sekolah |
2. Ketua |
Leli
Afrida, S.Pd |
3. Wakil I |
Nelpidawati, S.Pd |
4. Wakil II |
Nurzilawati, S.Pd |
5. Sekretaris
I |
Yasparman, S.Pd |
6. Sekretaris
II |
Indra Muryenti, S.Pd |
7. Bendahara |
Wiki Sandra, S.Kom |
8.Duta
Adiwiyata |
|
|
|
|
Ditetapkan di : Taeh Baruah Pada Tanggal : 12 Juli 202... Kepala UPTD,
........................................................ NIP:................................................................................................. |
|
||||
Nama Lembaga
|
:
|
Kementrian pendidikan dan kebudayaan
|
Kode Dok
|
SMP 2014
|
Unit
|
:
|
SMP N 3 Kec. Payakumbuh
|
Standar
|
Biaya
:disesuaikan
|
Tanggal Disahkan
|
:
|
1 Maret 2014
|
Tanggal Revisi
|
-
|
Mengesahkan
Kepala
NIP.
|
1
|
Judul
|
SOP Pengelolaan sampah di kelas
|
|
2
|
Tujuan
|
a.
Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih,
nyaman dan bebas sampah
b.
Lingkungan sekolah dapat menjadi asri dan
nyaman
c.
Sampah dapat dimanfaatkan
d.
Terlaksananya
Program 3R
|
||
3
|
Referensi
|
Peraturan Menteri Negara Lingkunan Hidup No.
02 Tahun 2009
|
||
4
|
Pihak-pihak Terkait
|
Pembina. : Kepala
Sekolah
Koordinat or Bank Sampah.
|
||
5
|
Dokumen
|
Jadwal
penyetoran sampah, Daftar piket pegawai Bank Sampah Smart, Alat Pengelola Bank Sampah,
Struktur Pengelola Sampah kelas.
|
||
6
|
Prosedur Kerja
|
1.
Membentuk struktur organisasi pengelola sampah
kelas serta menentukan peran
dari masing-masing petugas
2.
Merencanakan konsep pengelolaan sampah di kelas
3.
Mengelola sampah dengan memilah sampah
organik dan sampah anorganik
·
Sampah
anorganik berupa botol minuman di kumpulkan
4.
Setiap siswa mengumpulkan sampah kertas
(HVS,Koran,Buku bekas dan kardus)
5.
Menyetor sampah yang sudah dikelola dengan
bersih ke bank sampah
*Botol Minuman
minimal 50 buah per kelas
* Samapah kertas
minimal 2 ons per kelas
|
Komentar
Posting Komentar