LATIHAN PEMAHAMAN , Menumbuhkan Budi Pekerti, Teori konvergensi dan pengaruh pendidikan berdasarkan pemikiran KHD
Ki Hajar Dewantara tidak serta merta menggunakan teori-teori barat dalam pendidikan nasional. Beliau dengan cermat mengiidentifikasi teori-teori yang sesuai dengan kepribadian bangsa. hingga melahirkan teori Konvergensi.
1. Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah
A. Budi pekerti merupakan kodrat manusia
B. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan dan kehendak.
C. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya
D. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah
Jawab: D
2. Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah ...
A. Teori positif dan teori negatif
B. Teori tabula rasa dan teori negatif
C. Teori medan dan teori tabula rasa
D. Teori gestalt dan teori tabula rasa
Jawab: B. teori tabularasa dan teori negatif
3. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan
Jawab: D Pengetahuan
4. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...
A. Jiwa.
B. Cipta
C. Karsa
D. Rasa
Jawab: A Jiwa
5. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan........yang berperan menentukan karakter seseorang.
A. bagian Jasmani
B. Bagian Biologi
C. Bagian intelligible
D. Bagian keterampilan
Jawab: B bagian biologis
6. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
C. memiliki bakat tertentu
D. ada kemauan
Jawab: B :dipengaruhi keadaan dan lingkungan
7. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah ...
A. sekolah
B. Keluarga
C. sahabat
D. Taman kanak-kanak
Jawab : B keluarga
8. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan ...
A. kognitif
B. Afektif
C. Psikomotori
D budi pekerti
Jawab : D Budi Pekerti
9. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. membantu murid menemukan Budi pekertinya
B. mengendalikan budi pekerti murid
C. menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
Jawab : A membantu murid menemukan budi pekertinya
10. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu:
A. teori negatif dan teori positif
B. teori afektif dan teori tabula rasa
C. teori tabula rasa dan teori negatif
D. teori hereditas dan teori behaviorisme
Jawab: C Teori tabula rasa dan teori negatif
11. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. menebalkan watak-watak tidak baik murid
Jawab : C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis.
11. Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori ...
A. Hereditas
B. negatif
C. komplementer
D. Tabularasa
Jawab : D tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. biologis dan intelligible
B. biologis dan fisiologis
C. intelligible dan fisiologis
D. tabula rasa dan biologis
Jawab: A. biologis dan intelligible
Proses menebalkan tabiat asli dan belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
PASAR BEBAS Kita pasti tidak asing lagi dengan istilah pasar bebas di dunia perdagangan, tapi apakah semua sudah tahu apa pengertian pasar bebas itu? Jadi, pada dasarnya pasar bebas atau perdagangan bebas ini merupakan suatu kondisi ekonomi yang lebih fokus untuk mengedepankan produksi dan penjualan produk barang atau jasa tanpa adanya campur tangan pihak pemerintah. Dimana sistem ini lebih menerapkan prinsip ekonomi berdasarkan adanya hukum permintaan dan juga penawaran. Sehingga, setiap keputusan dan juga aksi individu yang berkaitan erat dengan jasa, barang, ataupun uang akan lebih bersifat sukarela. Di sisi lain, lawan dari pasar bebas yaitu sistem ekonomi terpusat, dimana pihak pemerintah akan turut andil dalam menentukan sebuah produk barang atau jasa apa saja yang harus diproduksi di dalam negaranya dan pemerintah juga akan ikut menentukan harganya. Di dalamnya, pihak perusahaanlah yang nantinya akan menentukan produk barang atau jasa apa saja yang harus diproduksi dan siapa
AKU , EBI DAN CHAT-GPT Hai sobat…. Aku punya cerita nih, kalian mo tahu ngg….? Cerita ini sebenarnya sudah lama, bahkan aku hampir lupa, tadi pagi setelah selesai beres beres rumah aku buka laptop, tumben agak lelet, karena itu aku ingin bersih bersih sampah laptop. Aku cek semua penyimpanan. Dokumen lama yang dirasa sudah tidak kubutuhkan aku delete. Eit…. Mataku tertuju pada sebuah dokumen Chat, trus aku buka, ternyata dokumen chat yang pernah aku simpan ketika pertamakali mencoba chat WAGPT akhir tahun 2022. Awalnya hanya sekedar ingin menguji sehebat apa sih WAGPT menterjemahkan dan menjawab bahasa kita. Dari sumber yang aku baca GPT adalah BOT Obrolan kecerdasan buatan berupa model Bahasa generative yang menggunakan teknologi transformer untuk memprediksi probabilitas kalimat atau kata dalam suatu percakapan atau perintah teks. Aku pikir tak ada salahnya untuk mencoba dan menguji. Dan itu memang hobiku dari kecil, coba dan coba hal baru, positif…, akhirnya bermanfaat
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH Bahan Kls/ Semester Konten Level Kognitif Indikator Soal VII/ I Interaksi Antarruang Penalaran Disajikan Ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis kondisi interaksi antarruang yang sesuai dengan Ilustrasi tersebut. VII/ I Komponen Penyusun Peta Aplikasi Disajikan peta, peserta didik dapat mengkasifikasikan komponen penyusun peta. VII/ I Faktor yang mempengaruhi terjadinya proses sosial Penalaran Disajikan Ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis faktor yang mempengaruhi terjadinya proses sosial yang terjadi pada Ilustrasi tersebut. VII/ II Prinsip Ekonomi Penalaran Disajikan Ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi. VII/ II Permintaan dan Penaw
Komentar
Posting Komentar