LATIHAN PEMAHAMAN , Menumbuhkan Budi Pekerti, Teori konvergensi dan pengaruh pendidikan berdasarkan pemikiran KHD
Ki Hajar Dewantara tidak serta merta menggunakan teori-teori barat dalam pendidikan nasional. Beliau dengan cermat mengiidentifikasi teori-teori yang sesuai dengan kepribadian bangsa. hingga melahirkan teori Konvergensi.
1. Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah
A. Budi pekerti merupakan kodrat manusia
B. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan dan kehendak.
C. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya
D. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah
Jawab: D
2. Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah ...
A. Teori positif dan teori negatif
B. Teori tabula rasa dan teori negatif
C. Teori medan dan teori tabula rasa
D. Teori gestalt dan teori tabula rasa
Jawab: B. teori tabularasa dan teori negatif
3. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan
Jawab: D Pengetahuan
4. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...
A. Jiwa.
B. Cipta
C. Karsa
D. Rasa
Jawab: A Jiwa
5. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan........yang berperan menentukan karakter seseorang.
A. bagian Jasmani
B. Bagian Biologi
C. Bagian intelligible
D. Bagian keterampilan
Jawab: B bagian biologis
6. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
C. memiliki bakat tertentu
D. ada kemauan
Jawab: B :dipengaruhi keadaan dan lingkungan
7. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah ...
A. sekolah
B. Keluarga
C. sahabat
D. Taman kanak-kanak
Jawab : B keluarga
8. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan ...
A. kognitif
B. Afektif
C. Psikomotori
D budi pekerti
Jawab : D Budi Pekerti
9. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. membantu murid menemukan Budi pekertinya
B. mengendalikan budi pekerti murid
C. menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
Jawab : A membantu murid menemukan budi pekertinya
10. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu:
A. teori negatif dan teori positif
B. teori afektif dan teori tabula rasa
C. teori tabula rasa dan teori negatif
D. teori hereditas dan teori behaviorisme
Jawab: C Teori tabula rasa dan teori negatif
11. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. menebalkan watak-watak tidak baik murid
Jawab : C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis.
11. Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori ...
A. Hereditas
B. negatif
C. komplementer
D. Tabularasa
Jawab : D tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. biologis dan intelligible
B. biologis dan fisiologis
C. intelligible dan fisiologis
D. tabula rasa dan biologis
Jawab: A. biologis dan intelligible
Proses menebalkan tabiat asli dan belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US) Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran : SMP : IPS : KUMER : 120 menit : 5 0 PG : Pilihan Ganda : 20 24 /202 5 No. CAPAIAN dan TUJUAN PEMBELAJARAN Bahan Kls/ Semester Konten/Materi Level Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal No. Soal Kunci 1 2 Peserta didik mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah de...
Rindunya daku kepada bumi Madinah Takkan terubat walau sudah ziarah Sekalipun menangis berair mata darah Hatikan tetap rindukan Rasulullah ALLAHU ALLAHU ALLAHU ALLAH ALLAHU ALLAH HABIBI ROSULULLAH.. Terimalah hadiah imbalan ziarah Insan yang lemah ingin berqasidah Diilhamkan Allah Syamail Muhammadiyah Berkat menangis di Raudhatul Jannah ALLAHU ALLAHU ALLAHU ALLAH ALLAHU ALLAH HABIBI ROSULULLAH.. Dahinya yang luas, anak matanya hitam Cahaya berhias, menatap kan tenteram Tulang baginda kemas, saling kuat menggenggam Rukanah tertewas, lalu memeluk Islam ALLAHU ALLAHU ALLAHU ALLAH ALLAHU ALLAH HABIBI ROSULULLAH.. Rambutnya ikal mayang, tidak terlalu panjang Tingginya yang sedang, dada luas berbidang Ketika berjalan, condongnya kehadapan Lajunya seperti, turun tempat yang tinggi ALLAHU ALLAHU ALLAHU ALLAH ALLAHU ALLAH HABIBI ROSULULLAH.. Di suatu malam, bulan yang penuh cerah Baginda mengenakan pakaian serba merah Lalu bersumpah Jabir bin Samurah Jika dibezakan, Nabi terlebih indah AL...
Komentar
Posting Komentar