LATIHAN PEMAHAMAN , Menumbuhkan Budi Pekerti, Teori konvergensi dan pengaruh pendidikan berdasarkan pemikiran KHD
Ki Hajar Dewantara tidak serta merta menggunakan teori-teori barat dalam pendidikan nasional. Beliau dengan cermat mengiidentifikasi teori-teori yang sesuai dengan kepribadian bangsa. hingga melahirkan teori Konvergensi.
1. Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah
A. Budi pekerti merupakan kodrat manusia
B. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan dan kehendak.
C. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya
D. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah
Jawab: D
2. Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah ...
A. Teori positif dan teori negatif
B. Teori tabula rasa dan teori negatif
C. Teori medan dan teori tabula rasa
D. Teori gestalt dan teori tabula rasa
Jawab: B. teori tabularasa dan teori negatif
3. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan
Jawab: D Pengetahuan
4. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...
A. Jiwa.
B. Cipta
C. Karsa
D. Rasa
Jawab: A Jiwa
5. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan........yang berperan menentukan karakter seseorang.
A. bagian Jasmani
B. Bagian Biologi
C. Bagian intelligible
D. Bagian keterampilan
Jawab: B bagian biologis
6. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
C. memiliki bakat tertentu
D. ada kemauan
Jawab: B :dipengaruhi keadaan dan lingkungan
7. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah ...
A. sekolah
B. Keluarga
C. sahabat
D. Taman kanak-kanak
Jawab : B keluarga
8. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan ...
A. kognitif
B. Afektif
C. Psikomotori
D budi pekerti
Jawab : D Budi Pekerti
9. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. membantu murid menemukan Budi pekertinya
B. mengendalikan budi pekerti murid
C. menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
Jawab : A membantu murid menemukan budi pekertinya
10. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu:
A. teori negatif dan teori positif
B. teori afektif dan teori tabula rasa
C. teori tabula rasa dan teori negatif
D. teori hereditas dan teori behaviorisme
Jawab: C Teori tabula rasa dan teori negatif
11. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. menebalkan watak-watak tidak baik murid
Jawab : C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis.
11. Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori ...
A. Hereditas
B. negatif
C. komplementer
D. Tabularasa
Jawab : D tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. biologis dan intelligible
B. biologis dan fisiologis
C. intelligible dan fisiologis
D. tabula rasa dan biologis
Jawab: A. biologis dan intelligible
Proses menebalkan tabiat asli dan belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Komentar
Postingan populer dari blog ini
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US) Jenis Sekolah Mata Pelajaran Kurikulum Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Tahun Ajaran : SMP : IPS : KUMER : 120 menit : 5 0 PG : Pilihan Ganda : 20 24 /202 5 No. CAPAIAN dan TUJUAN PEMBELAJARAN Bahan Kls/ Semester Konten/Materi Level Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal No. Soal Kunci 1 2 Peserta didik mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah de...
37 Resolusi dan Harapan di Tahun 2025 untuk Siswa SMP Beberapa hari lagi tahun 2024 akan berlalu meninggalkan kita, kita tentu belum merasa puas dengan pencapaian kita selama ini. Untuk itu kita harus susun rencana baru demi kesuksesan dimasa depan, agar kita dapat membahagiakan orang tua, keluarga, orang yang telah membesarkan dan mendapingi kita. Pernah dengar istilah resolusi, tidak sedikit orang yang sudah menyusun resolusi untuk menyambut tahun 2025. Yuk kita pahami apa itu resolusi. Menurut Oxford Learner's Dictionaries, resolusi adalah keputusan bulat untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Jadi Resolusi mirip dengan harapan, tetapi disertai dengan niat untuk berjanji atau berkomitmen pada diri sendiri untuk melaksanakan dan mencapainya. Seiring dengan kebijakan Mentri pendidikan baru tentang 7 kebiasaan anak Indonesia Hebat tidak ada salahnya kita ikut sukseskan demi terciptanya generasi emas menuju Indonesia maju. Mumpung belum terlambat yu...
Komentar
Posting Komentar