Post tes , Menumbuhkan Budi pekerti

 




LATIHAN PEMAHAMAN , Menumbuhkan Budi Pekerti, Teori konvergensi dan pengaruh pendidikan berdasarkan pemikiran KHD



Ki Hajar Dewantara tidak serta merta menggunakan teori-teori barat dalam pendidikan nasional. Beliau dengan cermat mengiidentifikasi teori-teori yang sesuai dengan kepribadian bangsa. hingga melahirkan teori Konvergensi. 




1. Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah

        A. Budi pekerti merupakan kodrat manusia

        B. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan                   dan  kehendak.

       C. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya

       D. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah

Jawab: D


2. Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori pendidikan yang        berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah ...

    A. Teori positif dan teori negatif

    B. Teori tabula rasa dan teori negatif

    C. Teori medan dan teori tabula rasa

    D. Teori gestalt dan teori tabula rasa

Jawab: B. teori tabularasa dan teori negatif


3. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…

    A. Rasa takut

    B. Cemas
    C. Percaya Diri
    D. Pengetahuan
Jawab: D Pengetahuan

4. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...

    A. Jiwa. 
    B. Cipta
    C. Karsa
    D. Rasa
Jawab: A Jiwa

5. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan........yang berperan menentukan karakter seseorang.
    A. bagian Jasmani
    B. Bagian Biologi
    C. Bagian intelligible
    D. Bagian keterampilan
Jawab: B bagian biologis

6. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...
    A. dibiarkan tanpa intervensi
    B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
    C. memiliki bakat tertentu
    D. ada kemauan
Jawab: B :dipengaruhi keadaan dan lingkungan

7.  Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah ...
    A. sekolah
    B. Keluarga
    C. sahabat
    D. Taman kanak-kanak
Jawab : B keluarga

8. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan ...
    A. kognitif
    B. Afektif
    C. Psikomotori
    D budi pekerti
Jawab : D Budi Pekerti

9. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
    A. membantu murid menemukan Budi pekertinya
    B. mengendalikan budi pekerti murid
    C. menemukan budi pekerti pada diri sendiri
    D. mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
Jawab : A membantu murid menemukan budi pekertinya

10. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu:
    A. teori negatif dan teori positif
    B. teori afektif dan teori tabula rasa
    C. teori tabula rasa dan teori negatif
    D. teori hereditas dan teori behaviorisme
Jawab: C Teori tabula rasa dan teori negatif

11. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
    A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
    B. menyamarkan watak watak baik murid
    C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
    D. menebalkan watak-watak tidak baik murid
Jawab : C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis.

11. Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori ...
    A. Hereditas
    B. negatif
    C. komplementer
    D. Tabularasa
Jawab : D tabularasa

12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
    A. biologis dan intelligible
    B. biologis dan fisiologis
    C. intelligible dan fisiologis
    D. tabula rasa dan biologis
Jawab: A. biologis dan intelligible






  • Proses menebalkan tabiat asli dan belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Bebas

AKU , EBI DAN CHAT-GPT (Kisah Nyata)

Kisi Kisi Ujian sekolah