Postingan

QUIZ;

Pertanyaan Penyesuaian apa yang akan anda lakukan jika dikelas yang anda ajar terdapat PDBK tunanetra, tunarungu dan tunagrahita Deskripsi Penyesuaian yang harus dilakukan   guru jika di kelas yang diajar terdapat peserta didik berkebutuhan khusus  dengan hambatan penglihatan, pendengaran, dan hambatan intelektual adalah penyesuaian strategi dan model pembelajaran yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus. sebelumnya saya harus mengidentifikasi karekteristik hambatan yang di alami peserta didik. Untuk peserta didik yang memiliki hambatan sensorik  pada penglihatan (tuna netra) berat  atau totally blind adalah menyediakan bantuan huruf braille, jika peserta didik masih dapat melihat sedikit   harus memberikan bantuan berupa kaca pembesar, bisa juga berupa huruf cetak yang bisa diraba dan diperbesar. selain itu saya masih harus memberikan bantuan latihan orientasi dan mobilitas yang tidak hanya dapat ditera...

PENTINGNYA PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF

Gambar
    Sejak 76 tahun yang silam para founding father telah mengisyaratkan penyelenggaraan pendidikan inklusif melalui UUD 1945 Pasal 31 untuk menjamin hak mendapat pendidikan setiap warga negara Indonesia.Tahun 1991   di perkuat dengan peraturan Pemerintah no 72 tahun 1991, kemudian pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang memberikan warna baru  dalam penyediaan pendidikan bagi peserta didik penyandang disabilitas. Aturan terbaru yang mengatur tentang pendidikan inklusif adalah dikeluarkannya Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa pendidikan inklusi sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan  yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/ atau bakat istimewa untuk mengikutipendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya . Sistem pendidikan inklusif adalah sistem ...

FAKTA SERBUK SAFFRON.

Gambar
 

Kisah Inspiratif: NASIB MANUSIA SIAPA YANG TAHU

Gambar
  NASIB MANUSIA SIAPA YANG TAHU Pelajaran Tauhid yg Sangat Bernilai. Dahulu Kala, ada Seorang Petani Miskin memiliki Seekor Kuda Putih yg Sangat Cantik dan Gagah.. Suatu hari, Seorang Saudagar Kaya ingin membeli Kuda itu & Menawarnya dg Harga yg sangat tinggi....!! Tapi Sayang Si Petani Miskin itu Tidak mau Menjualnya..!! Lalu Teman-temannya Menyayangkan dan mengejek karena dia tidak menjual Kudanya.. Keesokan Harinya, Kuda itu Hilang dari Kandangnya.. Maka Teman-temannya Berkata : "Sungguh Jelek Nasibmu, Padahal Kalau Kemarin Kamu Jual, Kamu Pasti Kaya, Sekarang Kudamu Sudah Hilang.."_ Tapi Si Petani Miskin hanya Diam saja Tanpa Komentar... Namun Beberapa Hari Kemudian, Kuda si petani kembali , bersama 5 Ekor Kuda liar lainnya.. Lalu Teman-temannya Berkata : "Wah..! Beruntung Sekali Nasibmu, Ternyata Perginya Kudamu Membawa keberuntungan.."_ Si Petani Tetap Hanya diam saja.. Beberapa hari kemudian, Anak si Petani yg Sedang Melatih Kuda-kuda Baru mereka Terjatuh...

Perubahan Sosial Budaya > Respon siswa SMP , HOTS

 Assalamualaikum ...  Kali ini saya  mengupload respon siswa saya terhadap tugas yang di berikan di  classroom 9.4, terkait pandemi. Saya pikir ini adalah salah satu bentuk upaya melatih siswa berfikir HOTS . Saya tidak menyangka ada siswa saya yang akan memberikan respon seperti ini, karena sudah 51 respon yang saya baca, belum ada yang sesuai dengan keinginan dan perkiraan saya. Hanya respon dari AURA LUNA CANTIKA dan Nayla muslina yang beda dan bersifat analisa terhadap lingungannya selama pandemi dan hasil literasi yang hebat untuk tingkat SMP dserta menemukan solusi solusi dari literasinya tersebut yang memang seharusnya dilakukan masyarakat, meskipun ia melihat dari sisi yang berbeda dari apa yang di gambarkan pada stimulus. Namun tetap harus diberi penghargaan sebagai bagian dari merdeka belajar. Maka dari itu sebagai  rewordnya jawaban tersebut saya muat disini Silahkan sahabat pembaca koreksi dan berikan komen ya... PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA NAMA / 0 Aura...

LIRIK LAGU SHOLAWAT "MUSTHOFA"

  مصطفى مصطفى مَنْبَعٌ لِلصَّفَاءْ سَيِّدُ الْأَنْبِيَاء مِشْعَلٌ فِي الْوَفَا كَانَ فِي عَطْفِهِ لِلْيَتَامَى دِفَى مصطفى مصطفى مَنْبَعٌ لِلصَّفَاءْ سَيِّدُ الْأَنْبِيَاء مِشْعَلٌ فِي الْوَفَا كَانَ فِي عَطْفِهِ لِلْيَتَامَى دِفَى حَنَّ قَلْبِي لَهُ فَاضَ شَوْقًا إِلَيْه لَيْسَ أَرْجُوْ سِوَى شَرْبَةً مِنْ يَدَيْه الصَّلَاةُ عَلَيْهِ وَالسَّلَامُ عَلَيْه لِلسَّمَاءِ ارْتَقَى فَأَتَى بِالنَّقَاء وَغَدَا وَجْهُهُ نَيِّرًا مُشْرِقًا كَانَ مِنْ عَفْوِهِ حِيْنَ حَانَ اللِّقَاء قَالَ فَلْتَذْهَبُوا أَنْتُمُ الطُّلَقَاء مصطفى مصطفى مَنْبَعٌ لِلصَّفَاءْ سَيِّدُ الْأَنْبِيَاء مِشْعَلٌ فِي الْوَفَا كَانَ فِي عَطْفِهِ لِلْيَتَامَى دِفَى حَنَّ قَلْبِي لَهُ فَاضَ شَوْقًا إِلَيْه لَيْسَ أَرْجُوْ سِوَى شَرْبَةً مِنْ يَدَيْهْ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ وَالسَّلَامُ عَلَيْه كَانَ فِي هَدْيِهِ مَنْهَجًا وَسَطَا كَانَ تُسْعِدُهُ بَسْمَةُ الْبُسَطَاء سَيِّدٌ فِي الْكَرَم قِمَّةٌ فِي الْعَطَاء مصطفى مصطفى مَنْبَعٌ لِلصَّفَاءْ سَيِّدُ الْأَنْبِيَاء مِشْعَلٌ فِي ال...

GURU PENANGKAL HOAX: Saring sebelum Sharing

Gambar
  Minggu, 20 September 2020 GURU PENANGKAL HOAX: Saring sebelum Sharing Meskipun terlambat tapi saya masih merasa beruntung dapat mengikuti pertemuan virtual ke 10, sebagai pertemuan terakhir AISEI Writing bersama Ketua Umum PP FKG IPS Nasional Kang Jaro (Wijaya Winarja)  pada tanggal 20 September 2020, dalam pembahasan "Guru penangkal Hoax". Paparan kang Jaro sangat menarik, kiranya perlu di dengar oleh para guru sebagai kader pembentuk karakter anak bangsa.  Ibarat barang dagangan, Hoax adalah barang paling laku saat ini, tidak hanya dikalangan masyarakat awam yang kurang kesibukan, tapi juga dikalangan orang berpendidikan bahkan kalangan pendidik. Berkembangnya teknologi informasi telah menciptakan komunikasi tanpa jarak dan informasi tanpa batas. Saat ini banyak guru yang terpengaruh dan terlibat dalam penyebarluasan hoax melalui WAG atau media sosial lainnya dan sayangnya lagi, kadang hoax yang dibahas adalah hoax usang yang sudah diklarifikasi pihak terkait. Kondisi...